May 20, 2014

Mereka Bukan Siapa-Siapa, Mereka 'Cuma' Ngenalin Internet


Setahun lalu, ada sekelompok mahasiswa menghubungi aku dan teman-teman komunitas blogger. Jadi ceritanya, teman-teman mahasiswa ini memenangkan sebuah program pemerintah. Mereka mendapatkan sejumlah dana tapi ppenggunaannya harus dimanfaatkan untuk pengabdian masyarakat. Entah bagaimana ceritanya, mereka memilih kegiatan pelatihan tentang email dan blogging. Makanya kamilah yang diundang untuk mengisi acara. Bertempat di sekitaran kampus, yaitu daerah Kelurahan Limau Manis, Padang, Sumatra Barat, tema kegiatan ini adalah ‘Pelatihan dan Pembinaan Generasi Muda di Bidang IT dalam Era Globalisasi’. Gitu sih yang tertulis di spanduknya J
Tenang, aku nggak akan cerita tentang jalannya acara hari itu. Kalau dilihat sekilas, acaranya memang ‘sekedar’ pelatihan di depan anak-anak sekolahan. Hey, did I mention that before? Iya, jadi peserta pelatihannya adalah anak sekolahan, dari SD, SMP, SMA.
Hanya saja,... saat itu aku sempat dibikin bengong. Apa sebab? Mereka tau dan beberapa bahkan punya facebook, tapi nggak kenal dengan email. Ada juga yang nggak tau bahwa google itu adalah mesin pencari. Yang mereka tau, google itu adalah internet. Buka internet ya buka google. Atau buka facebook. Tapi nggak apa-apalah ya. Paling nggak beberapa dari mereka punya pengetahuan.
Ada hal lain juga sih yang bikin aku mikir sendiri. Acara ini ada di Kelurahan Limau Manis, daerah Batu Busuak tepatnya. Daerah yang beberapa tahun lalu pernah kena banjir bandang dan bikin akses kesana terputus. Itu deket sama kampus, meen! Tempat yang notabene nya banyak kalangan ‘berpendidikan’. Tapi ternyata di dekat kami sendiri, di sekitar kami, belum semua kenal dengan internet.
Oh my goodness.
Itu tugas berat buat aku, temen-temen aku, buat kita, yang ngakunya penggerak komunitas tapi belum gerakin apa-apa. Pun belum maksimal dalam bergerak.
Lihat mereka, temen-temen mahasiswa ini. Mereka mungkin tidak membawa-bawa atribut ‘siapa mereka’ di kampus. Mereka juga mungkin belum tergabung komunitas sosial media apapun. Tapi di mata anak-anak sekolah itu, di mata mereka yang masih lugu, mereka adalah pahlawan. Mereka membawa sesuatu yang baru dan mungkin akan selalu membekas di ingatan setiap peserta pelatihan disana. Dari yang tidak tau blog, jadi punya blog. Dari yang nggak tau email, jadi tau bahwa setiap sign up facebook pasti butuh email. dari yang belum paham manfaat internet jadi mengenal lebih dalam lagi.
Mungkin ini cara Tuhan mengingatkan kita. Tentang saatnya kita ikut berbuat. Membuka mata lebih lebar bahwa di sekitar kita masih ada yang belum melek internet dan justru merekalah yang mestinya kita bantu agar tidak tertinggal oleh dunia yang terus bergerak maju. Membantu siapapun yang telah berbuat.  
Salah satu caranya untuk sekarang dengan berpartisipasi aktif dalam rangkaian acara Pekan Informasi Nasional. Tanpa perlu melihat siapa yang mengadakan acara, tanpa perlu banyak berkomentar.  Ikut meramaikan acara dan memasyarakatkan penggunaan teknologi dalam menggali informasi yang bermanfaat. Tentunya tanpa melupakan fungsi-fungsi kontrol yang ada.              

Iya, mungkin mereka bukan siapa-siapa, tapi mereka berbuat. Hal kecil yang mungkin merubah hidup. Hal kecil yang besar J

1 komentar:

Lailaturrahmi said...

Nggak perlu jauh-jauh, di dekat kampus UNAND sendiri masih banyak yang butuh bantuan dari kita.
Tetap semangat, ya :)

 

tentangku © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates