March 26, 2015

[review] Palace of Illusion: Istana Khayalan - Chitra Banerjee Divakaruni


Judul : The Palace of illusions (Istana Khayalan)
Penulis: Chitra Banerjee Divakaruni
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 496 halaman
Cetakan : Juli 2009 
ISBN: 97897922455561

Buku ini aku beli hampir 2 tahun yang lalu. Well, i have to thanks to  #100DaysofAsianReadsChallenge karena ‘memaksa’ aku buat mengambil buku ini di tumpukan ‘to-read’ bagian bawah.
Perempuan harus siap untuk takdirnya dengan cara berbeda – Hal. 56
Ternyata buku ini menarik. Bercerita tentang Mahabrata dari sisi perempuan,yaitu Drupadi, yang akhirnya menikah dengan 5 orang Pandawa. Diawali dengan kisah kelahiran Drupadi dan kakak yang sangat dicintainya, juga tentang bagaimana Sang Ayah mencintai kedua anak ini dengan cara berbeda. Kehidupan yang dijalani Drupadi penuh lika-liku. Kita tidak hanya disuguhkan dengan cerita tentang nikmatnya kehidupan keluarga kerajaan tapi juga bagaimana beratnya hidup dalam hutan. Seimbang.
Sampai akhir novel ini pun semua diceritakan begitu seimbang. Penulis tidak memihak pada satu tokoh pun. Juga tidak ada unsur menyalahkan siapa-siapa atas setiap kejadian yang terjadi. Bahkan Drupadi digambarkan begitu adil terhadap kelima suaminya.    
Narasi yang memikat hati pembaca. Ini pertama kalinya aku membaca buku yang ditulis oleh penulis India. Ternyata bahasanya bagus, lembut dan untungnya terjemahannya pas.    
Dari buku ini aku baru ngeh dengan sosok Pandawa Lima dan tokoh-tokoh Mahabrata lainnya. Kalau aja ada buku lain yang kayak gini serunya menceritakan anything about Mahabrata, daripada mesti nonton filmnya yang lagi marak banget di tipi.
Satu hal yang nyebelin adalah. Bukunya nanggung banget untuk masuk kategori buku bantal -__-

0 komentar:

 

tentangku © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates