September 21, 2015

Sawahlunto International Music Festival 2015 : I Was There!


As I explain previously, niat ke Sawahlunto untuk sekedar jalan-jalan sendiri ternyata bertepatan dengan adanya acara Sawahlunto Internatioal Festival ke-6 atau yang disingkat SIMFES 2015. Acara ini udah digembar-gemborkan di @infoSumbar sih sebelumnya. Iseng-iseng nanya ke admin @infoSumbar yang baik hati dan tidak sombong eh langsung dikasih deh rundown acara, profil musisi yang akan tampil, plus daftar rumah makan dan homestay di sana. Cool!

Tapi sebenarnya aku heran, kenapa @infoSumbar nggak diundang ya? Padahal kalau diundang sebagai pers kan bakalan lebih heboh karena bisa livetwit. Hari gini siapa sih yang nggak kenal @infoSumbar?  

Nyampe di Sawahlunto jam 11 malam, aku masih berkesempatan liat penampilan GilangRamadhan, which is itu performa terakhir dari rangkaian acara di hari eh malam pertama SIMFES.

the last perform: Gilang Ramadhan
Lumayan, bias motoin meskipun nggak jelas wajahnya. Hahay.

detik-detik Gilang menutup performa di malam pertama SIMFES 2015
Malam kedua, aku dan adek-adek udah standby dari jam 19.15 biar dapet tempat duduk. Kami cari bangku di deretan tengah. Maksudnya sih, biar kalau bosen bias gampang melarikan diri dari keramaian. Secara, aku kan nggak ngerti-ngerti banget sama musik-musik yang tampil di SIMFES.

Bagi aku yang awam dengan acara musik ini, aku terkesan kok sama seluruh penampilan musisi yang tampil di malam kedua. Intinya kayak mengkombinasikan musik-musik tradisional dan konvensional gitu kali ya. Sekaligus menunjukkan budaya masing-masing daerah atau negara.

For the first time, I was there. And it impressed me much!

Ada 7 musisi yang tampil di malam kedua. And my most favorite musician is An-Najm dari Padang Panjang. Penampilan drummer dan yang mainin talempong (talempong-er?) keren abis!  

Gandang Tambua - PKDP Sawahlunto
An Najm - Padang panjang
Kuri - Jepang, kolaborasi menyanyikan lagu Ayam den Lapeh

Horja Bius - Jakarta
Who's Pinski - Jerman
Malakutan Bunian - Sawahlunto
Cuma ada 6 foto. Maklum, lowbat dan bahkan powerbanknya juga udah kosong. Gimana nggak, seharian banget foto-foto melulu kerjaannya. Yaa…kan demi kebutuhan plus kelengkapan dokumentasi Blog dan Instagram juga.  

Sayangnya, MC alias pembawa acaranya kurang seru. Bagi aku MC itu mesti cerdas, dalam artian menguasai materi, an hal-hal yang berhubungan dengan SIMFES. Jangan sampe salah nyebut nama ataupun asal musisi. Terus ngebawain acaranya kemaren rada ngebosesin, kurang santai dan kurang pinter dalam hal ngeles. Outfitnya juga kurang pas deh sama acaranya. Nggak santai dan terlalu formal.

Aku kira bakalan bosen. Tapi ternyata aku tetep betah duduk di sana. Iyalah, aku kan orangnya gitu #eeaaa. Ada sih beberapa penampilan yang sebenarnya kurang aku suka, tapi aku tetetp denger aja. Mana tau bikin makin tau.

Panggung SIMFES siang hari
And poor me, nggak bisa nonton di malam ketiga alias malam puncak, di mana seluruh musisi bakalan tampil dalam satu panggung untuk jam session. Acaranya Minggu malam siiih. Perkiraan selesai juga jam 12 malem lagi. Kan besoknya kerja -__- 
Mudah-mudahan tahun depan bisa nonton lagiiiii...

0 komentar:

 

tentangku © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates