February 10, 2016

Apa yang Aku Bawa Pulang dari Perjalanan

gambar diambil disini

Allah memang baik.

Tahun lalu, saat aku resmi diangkat menjadi seorang pegawai salah satu perusahaan ternama di Sumatra Barat, aku membuat bucketlist of trip. Hanya daerah-daerah dalam provinsi. Tapi Allah memberiku lebih. Sekali itu aku berkesempatan tidak hanya keluar kota, tapi juga ke luar negri, untuk pertama kalinya dalam hidup.

Tahun ini, memasuki tahun kedua aku bekerja, aku membuat bucketlist baru. Kali ini targetnya luar propinsi. Meski yang lama tetap ditempel di dinding kamar.

Lagi-lagi Allah memang baik.

Aku diberi kesempatan secara tidak sengaja untuk pergi lebih jauh. Siapa sangka, batal trip ke Borobudur malah membuka peluang mengunjungi Angkor Wat. Toh tujuannya sama, melihat sunrise dari candi.

Aku pergi membawa semua keruwetan dalam hati dan pikiran. Mencari kesunyian terselubung. Sekedar untuk kosong, lalu menepiskan semua yang rumit.

Aku berangkat dengan hati tak menentu.
Deg-degan karena pertama kalinya ke negri orang pakai pesawat terbang.  Belum lagi beberapa momen yang terjadi sebelum berangkat. Mungkin karena itu aku mengambil buku Tempat Paling Sunyi sebagai travelmate. Ditambah suara Meghan Trainor ft. John Legend yang aku putar berulang-ulang. We’re not promised tomorrow, begitu katanya.

Tanpa ekspektasi apa-apa. Aku membiarkan semua mengalir. Bagiku yang penting hati ini senang. Meskipun pikiranku tetap saja melayang kemana-mana tanpa mengurangi kenikmatan berada disana.

Banyak hal yang aku lihat. Banyak yang aku rasakan. Sepanjang perjalanan. Selama menjelajahi candi. Selama menikmati keriuhan pasar malam. Selama menunggu waktu transit ataupun ketika mesti bermalam di bandara untuk pulang esoknya.

Apa yang aku bawa pulang dari perjalanan ini?

Oleh-oleh.

Foto.

Apalagi?

Sepertinya aku membawa cakrawala yang lebih luas.

Sedikit penerimaan.

Dan mungkin; hati yang lebih lapang.

Meski ada juga yang aku tinggalkan.

2 komentar:

Alivia Awin said...

satu lagi kak, rasa syukur yang tidak pernah putus :)

ferfau said...

Aku suka banget postingan ini...

 

tentangku © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates